About The Author

This is a sample info about the author. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis.

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Minggu, 29 November 2009

| 0 komentar |

Web Email dan POP3 Email

1. Email berbasis SMTP/POP


Email berbasis SMTP/POP adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP (Simple Mail transfer Protocol/Post Office Protocol), yaitu komputer server yang dapat mengirimkan email dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Terdapat beberapa Software mail client yang bisa dipilih pada Windows, di antaranya MS Outlook, MS Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator.


2. E-mail Berbasis Web


Email berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada e-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakkan melalui Web dengan menggunakan salah satu program browser di Internet. Beberapa contoh Web Browser yang menyediakan layanan e-mail gratis di antaranya Yahoo (mail.yahoo.com), Google (gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan Bluebottle) (www.bluebottle.com).


Perbedaanya adalah :


1. POP email hanya dapat dibuka oleh komputer penggunasedangkan Web-based email dapat dilihat oleh siapa saja yangmemiliki aksesinternet.
2. POP3 lebih besar kapasitas penyimpanannya karena media untukmenampung email yang tersimpan di komputer pribadi ukurannya tidakterbatas. Sedangkan Web email menggunakan komputer orang lain(komputer server) yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.
3. Pada email berbasis pop3 kita dapat mengoperasikannya(membaca atau mengirim pesan elektronik) dalam keadaan offline,sedangkan pada email berbasis web pengoperasiannya selalu menuntutdalam kondisi Online ( dalam keadaan terkoneksi ke jaringanInternet).
4. Email berbasis pop3 banyak disediakan oleh ISP secaragratis. Sedangkan email berbasis web banyak disediakan secara gratisoleh website-website tertentu di Internet



0 komentar:

Posting Komentar